Pengertian Pendidikan Karakter Bagi Peserta Didik

Pengertian Pendidikan Karakter Bagi Peserta Didik

Pengertian pendidikan karakter menurut Wikipedia adalah bentuk dari suatu kegiatan yang didalamny a terdapat suatu tindakan manusia untuk mendidik generasi selanjutnya, pendidikan karakter memiliki tujuan sebagai pembentuk penyempurnaan diri individu secara terus menerus dan juga berlatih untuk menjadi insane yang baik, sehingga memiliki kehidupan baik yang diimpikan.

Pengertian pendidikan adalah suatu usaha sistematis dan juga  sadar untuk mengembangkan peserta didik, sedangkan karakter adalah watak yaitu sifat batin yang mampu mempengaruhi semua pikiran, budi pekerti, perilaku, dan juga tabiat. Dari pengertian diatas maka disimpulkan bahwa pengertian dari pendidikan karakter adalah usaha sadar juga terencana guna mewujudkan suasana juga proses pemberdayaan potensi juga pembudayaan agar peserta didik terbangun karakter pribadi yang baik sebagai manusia dan juga warga negara. Berikut ini adalah pengertian menurut beberapa ahli :

  • Kertajaya

Menurut Kertajaya pendidikan karakter adalah suatu ciri khas yang ada pada individu, ciri khas tersebut asli dan sudah mengakar pada kebribadian individu, pendidikan ini mendorong bagaimana individu tersebut bergerak, berperilaku, merespon, bertindak, dan lainnya.

  • Suyanto

Merupakan cara berfikir juga perilaku menjadi ciri khas setiap individu untuk bekerja sama dan juga bertahan hidup, baik dalam lingkup keluarga, masyarakat dan lingkup bangsa dan negara.

  • Thomas Lickona

Menurut beliau pendidikan karakter adalah suatu usaha disengaja untuk memahami seseorang sehingga mampu memahami dan memperhatikan bahkan melakukan nilai etika yang penting.

  • Kamus psikologi

Sedangkan menurut kamus prisologi  didalamnya dijelaskan bahwa pendidikan karakter kepribadian yang ditinjau dari titik tolak etis dan moral.

https://www.ruangguru.co.id/ karakter diatas maka bisa dilihat bahwa fungsi dari pendidikan karakter adalah untuk mengembangkan potensi seseorang agar mereka mampu berhati baik, berperilaku baik, berfikiran baik dan segala sesuatu yang positif. Dari fungsi tersebut maka diharapkan bahwa kehidupan bangsa akan semakin maju, sehingga negara kita mampu bersaing dan juga aman. Adapun nilai-nilai pendidikan karakter diantaranya adalah religius, disiplin, toleransi, jujur, kreatif, kerja keras dan masih banyak lagi lainnya.