Status Rusia Sebagai Tuan Rumah Piala Eropa 2020 Terancam Dicabut

Status Rusia Sebagai Tuan Rumah Piala Eropa 2020 Terancam Dicabut
Status Rusia Sebagai Tuan Rumah Piala Eropa 2020 Terancam Dicabut

Timnas Rusia untuk Piala Eropa 2020

Lantaran terlibat skandal kasus doping, status Rusia sebagai negara tuan rumah penyelenggaraan Piala Eropa 2020 pun terancam dicabut. Berita ini disampaikan pertama kali oleh BBC, bahwa surat rekomendasi pelanggaran Rusia itu sudah dirilis Badan Anti Doping Dunia (WADA). WADA telah mengajukan pelarangan terhadap Rusia untuk dipilih menjadi tuan rumah pada seluruh event olahraga untuk 4 tahun kedepan, termasuk Piala Eropa 2020.

Kecurigaan WADA muncul pertama kali saat melakukan audit data lab Rusia pada bulan Januari 2020 silam. Saat itu WADA mencium bau amis dan kejanggalan pada proses audit tersebut. Disisi lain, WADA pun memang tengah gencar-gencarnya dalam menghadapi ulah Badan Anti Doping Rusia dan ingin membongkar semua skandal kasus doping yang melibatkan para atlit Rusia di Olimpiade Sochi pada musim dingin 2014.

Dari hasil penyelidikan yang dilakukan WADA menemukan banyak data atlit pengguna doping dihapus secara sepihak. Hal ini menunjukkan kepada WADA, kalau Rusia adalah negara yang tidak patuh terhadap peraturan doping di dunia olahraga. Jadi, tidak hanya kehilangan kesempatan untuk menggelar acara olahraga selama 4 tahun ke depan, Rusia juga kehilangan kesempatan untuk berpartisipasi dalam Olimpiade Tokyo 2020, Olimpiade sepakbola 2021 dan Piala Eropa 2020 yang akan diundur ke musim panas tahun depan.

Pertimbangan sanksi-sanksi terhadap Rusia pun sudah didiskusikan kembali oleh Exco WADA dan akan dirilis keputusan finalnya pada bulan Desember 2020.

Tadinya Rusia memang mendapat kehormatan untuk menjadi tuan rumah evetnt Piala Eropa 2020. Pada turnamen sepakbola akbar Eropa itu, Rusia kebagian peran untuk mengorganisir pertandingan di Grup B untuk melawan Denmark dan juga menjadi tuan rumah di laga Piala Eropa 2020 fase perempat final.

Rusia sendiri sejatinya sudah pasti lolos ke fase final Piala Eropa 2020. Sayangnya, keputusan WADA membikin mereka batal menjadi negara tuan rumah. Sebelum ini, Rusia juga pernah kena sanksi untuk ikutan berkompetisi di Olimpiade Musim Dingin Pyeongchang, Korea Selatan, tahun 2019 yang lalu.